Kamis, 24 Juli 2014

SHALAT IDAIN DAN ZAKAT FITRAH

Shalat idain yaitu shalat idul akbar dan idul azghor. Dilaksanakan pada terbitnya matahari. dilakukan 2 rokaat. Setelah iftitah pada rokaat pertama 7 takbir dan rokaat yang kedua 5 takbir dan membaca tasbih (subhanallah wal hamdulillah walailahaillallah wallahuakbar).
Apa yang dimaksud idul akbar yaitu idul adha dan idul azghar yaitu idul fitri. Pelaksanaannya kebalikan dari shalat jumat. Yaitu shalat dulu baru khutbah.
Sebagian ulama' mengatakan dilakukan dilapangan, karena pada zaman rosul dahulu belum banyak masjid yang besar yang menampung orang banyak. Berbeda dengan saat ini yang kebanyakan masjid dapat menampung masyarakat banyak.
Zakat.
Takaran yang baik adalah 2,75 kg sebaiknya zakat itu makanan pokok yang ada didaerah tersebut.
Zakat fitrah adalah ibadah yang ditentukan waktu dan nishapnya. Dan ditentukan siapa yang berhak menerima yaitu ada 8 asnaf.
Waktu zakat yg terbaik adalah setelah buka puasa yang terahir dan sebelum berangkat shalat idul fitri.
Kalau ada orang yang lahir sebelum buka puasa yang terahir dia wajib zakat. Atau orang meninggal sebelum buka puasa yang terhir juga wajib zakat.
Ukuran orang yang zakat, ketika besok masih ada yang dimakan atau kekayaan lain yang dapat dijual dan memenui untuk zakat maka dia tetap wajib zakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar